Friday, June 1, 2012

HUKUM MEMBUNUH BINATANG YANG MENGGANGGU

 

(Soal Jawab Majalah As-Sunnah Edisi 10/Thn. XIII)

Pertanyaan:

Bagaimana hukum membunuh binatang pengganggu seperti lipas, semut, lalat, nyamuk & binatang-binatang serupa lainnya?.

Ummu Ifa 085255975xxx

Jawaban:

Syariat Islam dibangun di atas asas jalbul mashâlih (menciptakan/mendatangkan kemaslahatan) dan dar`ul mafâsid (menghapus semua bahaya dan kerusakan). Semua yang merusak dan mengganggu boleh dihilangkan sesuai dengan tingkatan kerusakan dan gangguan yang timbul. Hal ini dijelaskan dalam sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassallam:

لَا ضَرَرَ وَلَا ضِرَارَ

“Tidak boleh ada bahaya dan tidak boleh membayakan”
(HR Ibnu Majah dan dishohihkan al-Albani dalam Irwa’ al-ghalil no. 896).

Dari sini, para Ulama menetapkan kaedah yang berbunyi:

الضَرَرَ يُزَالُ

“Semua madharat (bahaya, gangguan) (harus) dihilangkan.”

Sehingga semua yang mengganggu dan merosak harus dihilangkan (dilenyapkan) sesuai dengan tingkat kerosakan yang ditimbulkannya.
Tentang masalah membunuh serangga yang sering ada di dalam rumah seperti lipas, semut dan sejenisnya pernah ditanyakan kepada Syaikh Bin Bâz rahimahullâh dan beliau menjawab:

Serangga-serangga tersebut apabila menimbulkan gangguan maka boleh dibunuh, namun tidak boleh dilakukan dengan menggunakan api (dibakar). Boleh dibunuh dengan berbagai alat pembasmi lainnya dengan dasar sabda Rasûlullâh Shallallahu ‘Alaihi Wassallam:

خَمْسٌ فَوَاسِقُ يُقْتَلْنَ فِى الْحِلِّ وَالْحَرَمِ الْحَيَّةُ وَالْغُرَابُ الأَبْقَعُ وَالْفَارَةُ وَالْكَلْبُ الْعَقُورُ وَالْحُدَيَّا

“Lima (haiwan) perosak yang boleh dibunuh di luar tanah suci dan di tanah suci iaitu: ular, gagak, tikus, serigala dan rajawali.”
(Muttafaqun ‘alaihi)

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassallam telah memberitahukan bahwa sifat pengganggu melekat pada haiwan-haiwan tersebut. Dalam bahasa , binatang-binatang pengganggu itu disebut fawâsiq. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassallam pun mengizinkan untuk membunuhnya.
 Demikian juga serangga-serangga, diperbolehkan membunuhnya di tanah suci dan luar tanah suci apabila binatang-binatang tersebut menimbulkan gangguan, seperti semut, lipas, nyamuk dan haiwan lain menimbulkan gangguan.

(Majmû’ Fatâwa wa Maqâlât Mutanawwi’ah 5/301-302)
sumber: http://majalah-assunnah.com/


Hukum Membunuh Semut Rumah
 

ما حكم قتل النمل القارص ، حتى لو لم يقرص ، وكذا قتل باقي أنواع الحشرات ، التي في المنازل وغيرها ، حتى لو لم يكن منها الأذى ؟

Pertanyaan, “Apa hukum membunuh semut yang suka menggigit meski ketika itu sedang tidak menggigit? Demikian pula, apa hukum membunuh binatang-binatang kecil lain yang biasa ada di rumah atau pun tempat yang lain meski tidak mengganggu?”

الإجابة :
ينتبه أن لا يقتل إلا ما كان مؤذيا ، أما الذي لا يؤذي فلا يقتل ، والأذى أنواع ، ومن الأذى بأن يكون وجودها في البيت ، وفي أماكن الجلوس ، هذا يعتبر نوعا من الأذى ، لا أحد يقبل الحشرات في بيته ، فيجوز إبعادها أو قتلها ، لا حرج إن شاء الله تعالى . والله أعلم .

Jawaban Syaikh Abdul Muhsin bin Nashir al Ubaikan:
 “Perhatikan, tidak boleh membunuh haiwan kecuali yang mengganggu. Sedangkan haiwan yang tidak mengganggu itu tidak boleh dibunuh. Bentuk gangguan haiwan kepada manusia itu beragam bentuknya. Diantara bentuk gangguan haiwan adalah keberadaannya di dalam rumah, atau di tempat-tempat yang biasa diduduki oleh orang. Keadaan  ini dianggap  gangguan. Tidak ada seorang pun yang ingin rumahnya dipenuhi oleh berbagai macam haiwan kecil-kecil. Sehingga haiwan-haiwan yang ada di rumah itu boleh diusir atau pun dibunuh. Sekali lagi, hukumnya adalah tidak mengapa, insya Allah”.

Sumber: http://al-obeikan.com/show_fatwa/3234.html

sumber: http://ustadzaris.com/hukum-membunuh-semut-rumah

7 comments:

  1. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:4.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: 085736927001.ku@gmail.com
    BERMINAT?

    HUB: +6285736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.


    www.pembuatanijazah.blogspot.com


    www.jasapembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum.. Minta pencerahan. Di rumah sy terlalu banyak kehadiran beruk. Merosakkan harta benda dah pasti. Mencederakan haiwan belaan sy Dan masuk ke dalam rumah juga selalu. Apa hukum jika binatang jenis ini dibunuh?

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum.. Minta pencerahan. Di rumah sy terlalu banyak kehadiran beruk. Merosakkan harta benda dah pasti. Mencederakan haiwan belaan sy Dan masuk ke dalam rumah juga selalu. Apa hukum jika binatang jenis ini dibunuh?

    ReplyDelete
  4. ...seperti beruk beruk di jalan raya...

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum.. Kalau membunuh binatang yang mengganggu lahan pertanian misal ayam, bebek milik tetngga. Gmn itu

    ReplyDelete
  6. Hukum membunuh pijat penghisap darah

    ReplyDelete