Wednesday, April 10, 2013

7 KEBIASAAN ORANG YANG KAYA....



Sering kali kita berfikir, bagaimana caranya agar kita boleh kaya secara material dengan waktu cepat, tapi sedikit di antara kita yang memikirkan arti kaya yang sebenarnya. Kebiasaan kita sangat menentukan arah yang akan kita lalui. Ini sedikit motivasi buat sahabat  sekalian agar dapat menikmati erti kaya yang sebenarnya:

1. Kebiasaan mengucap syukur


Ini adalah kebiasaan istimewa yang dapat  mengubah hidup selalu menjadi lebih baik. Bahkan agama mendorong kita bersyukur tidak saja untuk hal-hal yang baik, tapi juga dalam kesusahan dan hari-hari yang buruk. Bersyukur tidak saja menandakan rasa terimakasih kita, namun akan membuatkan hati lebih tenang. Ada rahsia besar di balik ucapan syukur yang sudah terbukti sepanjang sejarah.




2. Kebiasaan berpikir positif

Hidup kita dibentuk oleh apa yang paling sering kita fikirkan. Kalau selalu berpikiran positif, kita cenderung menjadi pribadi yang yang positif. Ciri-ciri dari fikiran yang positif selalu mengarah kepada kebenaran, kebaikan, kasih sayang, harapan dan suka cita.

Sering-seringlah memantau apa yang sedang anda fikirkan. Kalau anda terbenam dalam fikiran negatif, kendalikanlah segera ke arah yang positif. Jadikanlah berfikir positif sebagai kebiasaan dan lihatlah betapa banyak hal-hal positif  yang akan anda alami.

3. Kebiasaan berempati
Kemampuan berhubungan dengan orang lain merupakan kelebihan yang dimiliki oleh banyak orang sukses. Dan salah satu unsur penting dalam berhubungan dengan orang lain adalah empati, kemampuan atau kepekaan untuk memandang dari sudut pandang orang lain.
Orang yang empati bahkan dapat  merasakan perasaan orang lain, mengerti keinginannya dan menangkap motif di balik sikap orang lain. Ini berlawanan sekali dengan sikap egois, yang justru menuntut diperhatikan dan dimengerti orang lain. Meskipun tidak semua orang mudah berempati, namun kita
boleh  belajar dengan membiasakan diri melakukan tindakan-tindakan yang empatik.

Misalnya, jadilah pendengar yang baik, belajarlah menempatkan diri pada posisi orang lain, belajarlah melakukan apa yang anda ingin orang lain lakukan kepada anda, dan sebagainya.

4. Kebiasaan mendahulukan yang penting

Fikirkanlah apa saja yang paling penting, dan dahulukanlah. Jangan biarkan hidup anda terjebak dalam hal-hal yang tidak penting sementara hal-hal yang penting terabaikan. Mulailah mengambil-tau mana yang penting dan mana yang tidak. Kebiasaan mendahulukan yang penting akan membuat hidup anda efektif dan produktif dan meningkatkan citra diri anda secara signifikan.

5. Kebiasaan bertindak
Bila anda sudah mempunyai pengetahuan, sudah mempunyai tujuan yang hendak dicapai dan sudah mempunyai kesedaran mengenai apa yang harus dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah bertindak. Biasakan untuk menghargai waktu, lawanlah rasa malas dengan bersikap aktif. Banyak orang yang gagal dalam hidup kerana hanya mempunyai impian dan hanya mempunyai tujuan tapi tak mau melangkah.

6. Kebiasaan menabur benih
Prinsip tabur benih ini berlaku dalam kehidupan. Pada waktunya anda akan menuai  apa  yang anda tabur. Bayangkanlah, betapa kayanya hidup anda bila anda selalu menebar benih ‘kebaikan’. Tapi sebaliknya, betapa miskinnya anda bila rajin menabur benih keburukan. Contohnya , dengan memberi nasihat dan dorongan yang baik, maka ia adalah benih yang kita taburkan.

7. Kebiasaan hidup jujur
Tanpa kejujuran, kita tidak dapat  menjadi peribadi yang utuh, bahkan bisa merosak harga diri dan masa depan anda sendiri. Mulailah membiasakan diri bersikap jujur, tidak saja kepada diri sendiri tapi juga terhadap orang lain. Mulailah mengatakan kebenaran, meskipun mengandung risiko. Bila anda berbohong, kendalikanlah kebohongan anda sedikit demi sedikit. Sehingga anda tidak lagi bercakap bohong.


Demi masa, beruntunglah orang yang memperhatikan dirinya sendiri....



sumber : zilzaal

No comments:

Post a Comment