Thursday, June 6, 2013

5 TIPS MENDIDIK ANAK TANPA MEMARAHI MEREKA..






Memarahi anak
dengan berlebihan apalagi dengan kekerasan fizikal bukanlah solusi untuk mendisiplinkan anak. Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan, begitu pula  dengan anak. Apalagi jika kesalahannya dilakukan tanpa sengaja. Sesungguhnya kekerasan yang kita lakukan dapat memicu anak untuk melakukan kekerasan juga. Bahkan mungkin akan masuk ke alam bawah sedarnya hingga terbawa hingga ke masa dewasanya kelak.

Berikut adalah beberapa tips saat anak melakukan kesalahan :



~ Menegur dengan halus.

Saat menemukan anak melakukan kesalahan berilah teguran dengan halus. Bila masih melakukan kesalahan serupa, beri peringatan berupa amaran. Misalnya; tidak boleh menonton kartun kesukaannya selama sekian hari sebelum anak dapat berubah. Beri pengertian bahwa amaran  ini semata-mata untuk kebaikan dirinya juga.

~ Mendengarkan penjelasan anak.


Dengarkanlah penjelasan dari anak mengapa melakukan kesalahan.

~ Meminta maaf

Apabila kita telanjur marah yang berlebihan, jangan takut untuk meminta maaf kepada anak. Katakan kepadanya bahwa kita marah kerana sayang. Beri pelukan dan ciuman hingga anak merasa nyaman kembali bersama kita. Hal ini juga menjadi salah satu cara mengajarkan kepada anak bagaimana cara memaafkan dengan sayang dan santun.


~ Beri pujian saat anak berbuat baik.


Pujian terhadap kebaikan yang dilakukan anak akan menumbuhkan rasa percaya diri, sehingga dapat memacu anak untuk dapat berbuat kebaikan di hari-hari berikutnya.

~ Beri kepercayaan


Kepercayaan dapat memperbaiki perilakunya. Selain itu dapat pula mendorong anak untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Anak pun dapat belajar menghargai diri sendiri dan merasa dirinya berharga.

"Anak adalah permata hati dunia dan akhirat"



Dapatkan lagi Rahsia Anak Soleh di sini http://tinyurl.com/abdye93

No comments:

Post a Comment