Sunday, June 2, 2013

ISLAM BERSEMI DI CELAH2 VOODOO DAN KRISTIAN DI HAITI





Guru sekolah
Darlene Derosier kehilangan rumahnya dalam gempa bumi 2010 yang menghancurkan negaranya. Suaminya meninggal sebulan kemudian setelah menderita apa yang dia katakan adalah trauma emosional dari gempa. Dia dan dua anak perempuannya sekarang tinggal di khemah  di luar ibukota Port-au-Prince, dikelilingi oleh ribuan orang lain yang kehilangan tempat tinggal dan putus asa oleh bencana.





Tapi kini , apa yang ia dapatkan adalah  sebuah kebahagiaan setelah semua kesedihan? , katanya, ia telah dapatkan imannya, tetapi tidak ia dapat dari Katolik, Protestan atau bahkan Voodoo yang telah mendominasi negara pulau ini. Sebaliknya, dia telah menjadi mualaf, Islam! . Ia kemudian membangun sebuah masjid di lingkungan kecil dari kayu lapis, di mana sekitar 60 orang Muslim di sana melakukan sholat setiap hari.

Islam telah menjadi semakin menarik dan semakin banyak pengikut di negara miskin itu , terutama setelah bencana dua tahun lalu yang mengorbankan  sekitar 300,000 orang dan menyebabkan jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal.

Gereja begitu umum di sana , sering terdengar gema himne Kristien pada hari Ahad  , dan sekarang negara itu memiliki setidak-tidaknya lima masjid, dan ada program television  lokal setiap malam yang ditujukan untuk komuniti Islam, kata anggota parlimen Muslim.

Ternyata melalui bencana yang menjadi perhatian LSM sosial dari seluruh dunia, termasuk LSM Islamic Relief USA, yang telah membangun 200 tempat penampungan dan sekolah menengah dengan 20 ruang kelas, turut ikut membawa Islam di penduduk Haiti ini.

“Setelah gempa bumi kami memiliki banyak orang bergabung,” kata Robert Dupuy, seorang imam atau pemimpin spiritual Islam di ibukota.



“Kami terorganisasi. Kami memiliki ruang di masjid-masjid untuk menerima orang dan stok makanan untuk memberi makanan kepada  mereka. ”

Derosier mengatakan ia tertarik pada khutbah Islam tentang disiplin diri, penekanan pada pendidikan dan perhatian terhadap kebersihan, katanya,

Hal itu semua membantu dia dan Muslim lainnya menghindari penyakit pasca gempa seperti kolera, penyakit yang ditularkan melalui air, yang telah menjangkit hampir 600,000 orang dan mengorbankan  lebih dari 7,500 orang sejak gempa.

“Ini adalah kemenangan bagi saya,” kata perempuan berusia 43 tahun tentang beralihnya ia ke Islam. Ia mantan Protestan , ia berbicara di halaman rumah yang dipenuhi khemah, wajahnya terlihat bersih dengan dibingkai jilbab hitam. “Ini kemenangan yang saya terima , kedamaian dan menemukan hidayah Allah.”

Pertumbuhan komunitas Muslim di Haiti
dapat dikaitkan dengan banyaknya pekerja ekspatriat asing yang mualaf dari AS, kata Kishner Billy, pemilik stesen television Telemax , yang memiliki program ruhiyah malam “Haiti Islam.”

Billy dan beberapa orang lain percaya bahwa Islam pernah hadir di Haiti sebelum kemerdekaan negara itu pada 1804, dan bahwa seorang hamba  yang beragama Islam  berasal dari Jamaika dan pendeta Voodoo bernama Boukman yang memimpin pemberontakan hamba  untuk menggulingkan penjajah Perancis saat itu.

“Kini Islam datang kembali ke Haiti,” kata Billy, yang mengatakan ia pindah dari Kristien 20 tahun lalu menuju agama yang benar , Islam.

“Generasi mendatang, putera dan puteri saya, akan berbicara tentang Islam (di negeri ini).”tambahnya.

Tidak ada statistik pasti jumlah umat Muslim di Haiti, tidak ada data angka yang dapat dipegang  untuk banyak hal di negeri ini, termasuk jumlah populasi yang tepat.

Sebuah studi oleh Pew Research Center 2009 tentang populasi Muslim dunia memperkirakan bahwa Haiti memiliki sekitar 2,000 umat Islam. Tetapi Pemimpin Islam di negara ini bertegas angka ini jauh lebih tinggi .

Sebelumnya Islam hampir tidak dikenal di Karibia, negara-negara seperti Trinidad & Tobago. Hanya Suriname dan Guyana memiliki populasi Muslim yang signifikan.

Nenek moyang Haiti, sebagian besarnya berasal dari daerah non-Muslim di Afrika. Penguasa kolonial Perancis Haiti juga mengimport kepercayaan Kristien bagi mereka.

Rosedany Bazille, seorang guru berusia 39 tahun masuk Islam beberapa bulan setelah gempa, mengatakan ia merasa tidak punya arah sebelum memeluk agama Islam dan kini ia mampu untuk menjalani masa depan.

“Islam dapat menempatkan seseorang  di posisi jalan yang benar dan menunjukkan kepada mereka siapa Allah,” katanya.



Tetapi sejauh ini, Pemerintah Haiti tidak mengakui Islam sebagai agama resmi, juga tidak menghormati adanya pernikahan Muslim. Mengenakan jilbab pun sebagai pakaian khas agama Islam dapat menarik perhatian dan menjadi sasaran fitnah . Banyak fitnah yang mengatakan muslimah yang mengenakan jilbab adalah orang jahat.

Voodoo, campuran agama-agama politheisme di Afrika Barat yang dibawa para hamba  selama periode kolonial, telah lama menjadi keyakinan populer di negeri ini, dengan diikuti unsur-unsur kepercayaan Kristien. Voodoo pernah begitu terkenal ketika diktator Francois “Papa Doc” Duvalier menggunakannya untuk menakut-nakuti dan mengendalikan massa.

Walau dengan campuran kepercayaan Voodoo, kebanyakan Kristien Haiti mengidentifikasi diri mereka sebagai Katolik Rom.

"Islam umpama payung"
sumber: zilzaal

2 comments:

  1. alhamdulilah mereka dah kembali 'revert' ke Islam, masa sebelum perhambaan ramai diantara para hamba dari Afrika beragama Islam dan lama kelamaaan terhakis di bawah sistem perhamban di America.Kini mereka temui kembali permata yang hilang dalam kehidupan mereka, semoga mereka bahgaia dunia dan akhirat

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah
      semoga mereka akan terus istiqamah
      dan akan mengembangkan agama yg murni ini

      Delete