REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ustaz Hasan Basri Tanjung MA
Kebahagiaan (as-sa’adah) adalah harapan meski difahami
berbeda oleh setiap insan sesuai keyakinan dan pemahaman hidupnya.
Kerana itu, jalan yang ditempuh untuk meraihnya pun berbeda pula.
Kebahagian harus dicari dan diusahakan, tidak datang dengan sendirinya (QS.28:77).
Makna
kebahagiaan seorang Muslim adalah pencapaian dunia dan akhirat,
material dan spritual, individual dan sosial, emosional dan intlektual.
Sebuah kebahagiaan yang utuh (integrated) dan menyeluruh (komprehensif).
Mahatma Gandhi pernah mengatakan:
"Happiness is when what you think, what you say and what you do are in harmony”.(Kebahagian adalah ketika apa yang Anda fikirkan, katakan dan lakukan terdapat kesesuaian).
Imam Al-Gazali membahagi kesenangan manusia itu pada dua tingkatan yakni lazaat iaitu kepuasan (lazat) dan sa’adah (kebahagiaan).
Yang pertama lebih pada aspek indrawi dan sesaat (material) sedangkan
yang kedua pada aspek batini (rasa dan kekal).
Puncak tertinggi dari kepuasan dan kebahagiaan manusia adalah ma’rifatullah yakni
mengenal Allah. Kebahagiaan itu bergerak dalam ranah kalbu (rasa), tapi
ekspresinya kongkrit berupa keceriaan, keindahan, kelapangan, ketaatan
dan kemanfaatan hidup.
Hati manusia adalah tempat berlabuhnya
sifat ilahiyyah, maka setiap kata, sikap dan perilaku yang bersesuaian
(yang tergambar dalam asma al-husna) akan mententeramkan. Sebaliknya,
segala yang bertentangan dengannya akan merisaukan. (QS.91:8-10),
Dalam sebuah Riwayat, Nabi saw berpesan :
“Kebahagiaan manusia itu ada tiga dan deritanya pun ada tiga. Kebahagiaan itu adalah isteri yang shalehah, rumah yang bagus dan kendaraan yang baik. Sedangkan derita manusia yaitu : isteri yang jahat, rumah yang buruk dan kendaraan yang jelek”.
(Hadits Riwayat. Ahmad dari Sa’ad bin Abi Waqash ra).
Pertama ; Isteri shalehah (al-mar’atush shalihah).
Ia adalah jalan mendapatkan anak yang saleh dan rumah yang nyaman
(keluarga sakinah). Kriteria kesalehan istri adalah menyenangkan jika
dipandang, merasa nyaman jika ditinggalkan, menjaga kehormatan, harta
dan patuh jika diperintahkan (HR. Al-Hakim dan An-Nasai).
Agama
menuntun agar menikah kerana agamanya, bukan kerana kecantikan dan
hartanya sebab akan membuatnya binasa dan durhaka (sombong). “Dunia ini
adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah isteri salehah”.
(Hadits Riwayat Muslim dari Abdullah bin Umar).
Kedua ; Rumah yang bagus (al-maskanush shalih).
Dalam riwayat lain dijelaskan dengan “rumah besar yang banyak didatangi tamu” (ad-daru takuunu waasi’atan katsiroh al-marofiqi).
Rumah
tidak hanya tempat berteduh dari panasnya terik matahari dan dinginnya
udara malam serta melepaskan lelah. Tapi ia juga tempat membangun
kehidupan keluarga dan pemimpin umat masa depan.
Rumah adalah tempat menyusun strategi perjuangan dakwah dan sumber inspirasi meraih kesuksesan. Baitii jannatii (rumahku adalah surgaku). Demikian Nabi saw.
Secara
fizikal, rumah yang bagus adalah besar, lega, bersih dan indah dengan
pekarangan tertata rapi. Tapi, secara sosial ia terbuka menerima tamu
(silaturrahim) terutama orang-orang lemah (dhuafa dan mustad’afin).
Secara
spritual ia menjadi tempat dilantunkan ayat suci Al-Qur’an, mengkaji
dan mengajarkannya kepada anak-anak (madrasah), ditegakkan shalat dan
untuk taqarrub kepada Allah.
Ketiga ; Kenderaan yang baik (al-markabush shalih).
Kendaraan adalah simbol status sosial, mobilitas dan interaksi sosial
dalam mencari keberuntungan hidup. Kendaraan adalah alat untuk mencapai
tujuan dengan cepat, mudah, aman dan nyaman.
Jika kita menempuh
perjalanan dengan kendaraan yang bagus, ber-AC, harum dan cepat, maka
perjalanan akan mudah dan menyenangkan. Ketika panas terik tak
berkeringat, ketika hujan tak kebasahan, tatkala angin kencang tak
terhempaskan.
Tapi, jangan lupa kenderaan juga harus bermanfaat dalam membangun
umat, menolong sesama dan mempermudah jalan dakwah.
Ketiga pintu
kebahagiaan tersebut merupakan satu rangkaian yang tak terpisahkan. Jika
salah satunya tiada, yang lain tak bermakna.
Kita mesti
sedari, ketiga hal tersebut bukan tujuan hidup, tapi hanya sarana untuk
meraih kebahagiaan hakiki, yakni berjumpa dengan Allah kelak di syurga.
Jika ketiga hal itu sebagai faktor eksternal, maka kebahagiaan harus ditopang dengan kualiti internal yakni dikokohkan dengan pondasi keimanan, buka pintunya dengan kunci keikhlasan, hiasi dengan pengharum kesyukuran.
Selain itu, pagari dengan tembok kesabaran, isi dengan perabot ilmu pengetahuan dan selalu bersihkan dengan sapu ketauhidan. Allahu a’lam bish-shawab.
sumber: republika.co
No comments:
Post a Comment